Masih Belum Tahu Kamu Alergi Kacang Atau Tidak? Cari Tahu di Sini

Sebagai salah satu jajanan yang cukup digemari banyak orang, kacang memang menyenangkan untuk disantap. Sayangnya, tak semua orang tahan dengan kandungan dari camilan renyah ini. Beberapa menunjukkan tanda-tanda alergi sehingga tak disarankan untuk memakan makanan ini dalam bentuk apapun. Tetapi bagaimana kalau kamu belum tahu apakah kamu alergi kacang atau tidak? Cari tahu gejalanya di sini. Tak hanya gatal-gatal, lho!

Sakit Perut Hingga Muntah

Gejala alergi yang ditimbulkan oleh kacang lebih sering ditandai dengan sakit perut hingga muntah daripada dengan gatal-gatal. Jadi, kamu harus memperhatikan gejala ini dengan benar. Pasalnya, tidak semua alergi ditandai dengan gatal-gatal. Memang pada umumnya gejala alergi adalah gatal,-gatal, tapi untuk alergi yang ditimbulkan oleh kacang rasa gatal terkadang tak muncul.

Ketika kamu selalu merasa sakit perut, bahkan hingga muntah setelah makan kacang atau makanan yang berbau kacang (selai kacang misalnya) sebaiknya segera kamu periksakan ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Diare yang Mendadak Muncul

Selain sakit perut, diare adalah gejala yang umum terjadi bagi orang yang alergi terhadap kacang. Diare ini tidak parah, namun selalu terjadi setelah kamu menyantap kacang. Walaupun tidak terlalu berbahaya dan bisa ditangani dengan segera bersama obat penyumbat diare, kamu tak sebaiknya meremehkan hal ini. Bila diare ini kerap muncul setelah kamu makan kacang, segera periksakan ke dokter spesialis, ya.

Hidung Tersumbat

Tak hanya hal-hal yang berhubungan dengan perut, gejala alergi kacang yang lain justru berhubungan dengan hidung. Yakni, hidung tersumbat hingga pilek. Terdengar aneh? Memang, tapi hal ini nyata, lho!

Kamu yang kerap mengalami hidung tersumbat beberapa saat setelah makan kacang sebaiknya berhati-hati karena hal ini bisa jadi tanda bahwa kamu alergi kacang. Hidung tersumbat nantinya bisa terhubung ke gejala alergi yang lain di bawah ini, yakni sesak napas.

Sesak Napas

Kondisi yang lain dari alergi kacang adalah sesak napas. Tetapi kadang gejala ini tak terlalu parah sehingga kamu hanya mengalami sesak napas ringan. Banyak orang yang tak menyadari dan menganggap ini adalah hal biasa. Padahal kalau dibiarkan terus-menerus (dan kamu kerap mengonsumsi kacang) sesak napas ini bisa menjadi parah dan kamu harus dilarikan ke rumah sakit, lho!

Bila kamu sudah mengalami salah satu saja dari gejala tersebut setiap kali makan kacang, tak ada salahnya untuk segera datang ke rumah sakit dan memeriksakan dirimu. Bisa jadi, alergi ini tak separah yang kamu kira. Bahkan mungkin alergi kamu ternyata hanya muncul di saat-saat tertentu (seperti ketika kamu memakannya setelah meminum susu, atau kondisi spesifik lainnya) jadi kamu masih bisa memakan Dale’s Farm Peanut Butter favoritmu di beberapa kesempatan, deh!

Blog - Artikel | Dales Farm - Selai Kacang Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 8 =